Visi dan Misi

Visi

Menjadi Program Studi Kehutanan Islami uggul di level global dalam pemanfaatan sumberdaya hutan berbasis Hasil Hutan Bukan Kayu dan Jasa Lingkungan berkelanjutan

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dalam IPTEK untuk  menunjang pemanfaatan Sumberdaya Hasil Hutan Hasil Hutan Bukan Kayu dan Jasa Lingkungan secara berkelanjutan
  2. Mengembangkan penelitian berkualitas di level global inovatif dan kreatif yang relevan dengan pengembangan  IPTEK pemanfaatan Sumberdaya Hutan Hasil Hutan Bukan Kayu dan Jasa Lingkungan secara berkelanjutan
  3. Menerapkan pengabdian masyarakat melalui pemberdayaan dan pendampingan dalam kerangka pemanfaatan Sumberdaya Hutan Hasil Hutan Bukan Kayu dan Jasa Lingkungan secara berkelanjutan
  4. Membentuk perilaku islami dalam berkehidupan dan pengamalan IPTEK yang berwawasan kebangsaan
  5. Menyelenggarakan tata kelola yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab dan adil.
  6. Membangun kerjasama dan jejaring dengan berbagai pihak untuk menunjang pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam kerangka pemanfaatan SDH HHBK dan Jasa Lingkungan berkelanjutan

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul kompeten, memiliki kemampuan analisis dan keterampilan dalam mengembangkan dan menerapkan IPTEK pemanfaatan Sumberdaya Hutan Hasil Hutan Bukan Kayu dan Jasa Lingkungan sesuai tuntutan masyarakat dan dunia kerja global.
  2. Menghasilkan penelitian berkualitas terpublikasi di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.
  3. Mengimplementasikan pemberdayaan dan pendampingan masyarakat merancang problem solving  yang terintegrasi pada isu global pemanfaatan Sumberdaya Hutan Hasil Hutan Bukan Kayu dan Jasa Lingkungan secara berkelanjutan
  4. Mengculturkan kehidupan islami di kampus dalam semua aktivitas akademik dan non akademik serta mengsinergikan unsur keislaman dalam penyebarluasan IPTEK kepada masyarakat.
  5. Mengimplementasikan tata kelola melalui peningkatan layanan rutin administrasi, akademik, kemahasiswaan, dan keuangan yang mengintegrasikan  prinsip keadilan, partisipasi serta efisiensi selaras dengan kebutuhan aktual.
  6. Terbangunnya jejaring dan kerjasama yang  memberikan peluang untuk melakukan peningkatan kualitas pembelajaran, penelitian kolaborasi, menjalankan proyek keilmuan praktis serta pengembangan profesional dosen.

Sasaran Mutu
I. Sasaran Aspek Kualitas Lulusan

  1. Meningkatkan program pendidikan melalui magang dan pertukaran pelajar untuk membuka peluang memperoleh pengalaman di lingkungan berbeda, memahami perbedaan budaya dan pemikiran, memperluas jaringan profesional dan sosial yang sangat berguna untuk karir lulusan di masa depan
  2. Meningkatkan daya saing lulusan melalui peningkatan keterampilan komunikasi efektif, kerjasama tim, serta penerapan problem solving  untuk mempersiapkan menghadapi  lingkungan kerja.
  3. Menyiapkan lulusan yang memiliki keterampilan profesi yang diperlukan DUDI untuk mengatasi tantangan dan perubahan yang terjadi di dunia kerja, sehingga lulusan dapat beradaptasi dengan cepat.
  4. Menumbuhkan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap hutan dan lingkungan melalui pengembangan keterampilan praktis konservasi
  5. Memberikan landasan untuk membangun karir sebagai manager bidang kehutanan, pengusaha kehutanan, pendidikan dan penyuluh, peneliti muda, birokrat dan penggiat konservasi
  6. Memberikan ruang kolaborasi dosen dan mahasiswa untuk berinovasi dan kreatif  membangun proyek relevan yang bermanfaat.

II. Sasaran Aspek Kualitas Dosen

  1. Meningkatkan keterampilan pengajaran dan pengelolaan praktik bagi dosen untuk peningkatan kualitas pembelajaran bagi mahasiswa
  2. Menciptakan dosen yang terlatih memiliki kemampuan untuk menginspirasi dan memberikan arahan yang memungkinkan mahasiswa untuk mengungkapkan kreativitas secara lebih efektif, memfasilitasi kolaborasi dan kerja tim untuk menciptakan proyek kreatif.
  3. Mendorong  dosen memiliki sertifikasi profesi untuk meningkatkan kredibilitas dosen di mata mahasiswa, kolega, dan industri yang dapat menciptakan kepercayaan dan pengakuan atas kemampuan dan pengetahuan dosen di bidang kompetensi ilmu nya.
  4. Memperluas jejaring dengan berbagai pihak, termasuk perusahaan, lembaga, dan instansi lainnya, yang diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang dalam hal peluang kerja, penelitian kerjasama dan pengembangan profesional.
  5. Membangun kemandirian dosen dalam memperoleh sumber pendanaan untuk proyek penelitian dan pengabdian masyarakat yang inovatif dan intensif.
  6. Meningkatkan keterampilan dosen dalam menulis artikel ilmiah secara jelas, terstruktur dan sesuai dengan standar jurnal yang dituju.
  7. Memahami strategi memilih jurnal yang tepat, serta memahami langkah langkah yang diperlukan hingga tahap review dan revisi.

III. Sasaran Aspek Kualitas Kurikulum dan Pembelajaran

  1. Secara berkala melakukan peninjauan kurikulum yang memepertimbangkan aspirasi, minat, kebutuhan mahasiswa, mendorong partisipasi aktif dalam proses pembelajaran
  2. Mengintegrasikan kurikulum dengan pendidikan karakter, kewirausahaan, soft skill, serta pengembangan diri secara holistik
  3. Memastikan bahwa kurikulum dan proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan aktual dan tuntutan dunia kerja yang terus berubah.
  4. Menambahkan elemen praktis dan pengalaman lapangan dalam kurikulum untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan di dunia kerja
  5. Membekali dosen dengan keterampilan merancang pembelajaran mengupdate RPS dan bahan ajar sesuai dengan perkembangan terbaru untuk memperoleh hasil pembelajaran yang lebih optimal
  6. Memastikan metode pembelajaran, materi, dan penilaian di dalam kurikulum mendukung pengembangan keterampilan kritis, analitis, dan kreatif
  7. Menjalankan Tridarma Perguruan tinggi dengan cara berkolaborasi dengan pihak instansi pemerintah, perusahaan swasta nasional dan internasional, NGO Internasional, dan lembaga masyarakat lainnya.