PK IMM FP UM Palembang Berhasil Menjadi Pelopor Lahirnya Kembali Program Baca Tulis Al-Qur’an (BTA)

Palembang (12/10/2024), Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang (PK IMM FP UM Palembang) Periode 2024-2025 menjadi pelopor lahirnya kembali Program Baca Tulis Al-Qur’an (BTA). Tujuan dari program BTA adalah mahasiswa mampu membaca, menulis, bahkan menghapal Al-Qur’an dengan baik dan benar. Selain dari bimbingan Al-Qur’an, terdapat juga beberapa kegiatan seperti sholat sunnah dan materi ke-Islaman. Sasaran utama program BTA adalah Mahasiswa Baru 2024 Fakultas Pertanian UM Palembang.

Laporan Ketua Pelaksana, Ilham Saputra

Ilham Saputra selaku ketua pelaksana program BTA mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 144 mahasiswa yang merupakan mahasiswa baru Fakultas Pertanian UM Palembang dan kegiatan akan dilakukan rutin setiap hari Sabtu.

“Alhamdulillah pembukaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) dapat berjalan dengan baik. Ditambah semangat dari mahasiswa baru yang masih terjaga sampai sore hari ini. Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa baru sebanyak 144 mahasiswa yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor dari IMM dan rutin dilakukan setiap Sabtu agar tidak menggangu perkuliahan.” Ucap Ilham Saputra.

Sambutan Ketua Umum PK IMM FP UM Palembang, Hendra Gunawan

Dalam sambutannya, Hendra mengatakan jika program BTA merupakan salah satu langkah yang mulia karena tujuan dari program BTA ini bukan saja untuk cakap dalam membaca dan menulis Al-Qur’an, tapi tujuan utamanya adalah menjadikan mahasiswa yang berakhlak dan beradab baik.

“Saya selaku Ketua Umum PK IMM FP UM Palembang mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader yang sudah berkontribusi untuk kelancaran program BTA ini. Saya juga berterima kasih kepada pimpinan dan dosen – dosen Fakultas Pertanian atas dukungannya sehingga pembukaan BTA ini berjalan lancar. Harapan saya dengan adanya program ini ialah bukan hanya cakap dalam membaca dan menulis Al-Qur’an, tapi tujuan utamanya adalah mampu membentuk karakter mahasiswa yang berakhlak dan beradab baik.” Tutur Hendra Gunawan.

Sambutan kabider PC IMM UM Palembang, Muh. Nur Fadillah

Muh. Nur Fadillah selaku perwakilan PC IMM UM Palembang mengatakan bahwa Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UM Palembang mendukung penuh setiap kegiatan di Pimpinan Komisariat.

“Saya selaku perwakilan Cabang mengucapkan selamat kepada PK IMM FP UM Palembang atas Pembukaan program Baca Tulis Al-Qur’an. Kami selalu pimpinan cabang selalu mendukung kegiatan positif setiap pimpinan komisariat. Semoga program Baca Tulis Al-Qur’an ini kedepannya mampu lebih luas, tidak hanya di PK IMM FP, tapi juga komisariat lain atau bahkan tingkat universitas.” Ucap kabider PC IMM UM Palembang.

Sambutan Wakil Dekan II, Dr. Ir. Alhanannasir, M.Si.

Dalam sambutannya sekaligus pembuka program BTA, beliau mengatakan alasan pentingnya program Baca Tulis Al-Qur’an adalah karena masih banyak mahasiswa yang belum paham membaca dan menulis Al-Qur’an, tapi banyak juga yang sudah sangat pandai. Oleh sebab itu, beliau mengatakan tujuan program ini adalah agar mahasiswa mampu membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar dengan harapan saat lulus nanti mampu menjadi contoh di manapun tempat kita berada.

“Masih terdapat mahasiswa yang mungkin tidak bisa membaca dan menulis Al-Qur’an, tapi ada juga yang membaca dan menulis bahkan menghapal Al-Qur’an dengan sangat baik. Program ini insyaallah ditargetkan dalam 6 bulan mahasiswa mampu membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar. Harapannya saat lulus nanti mahasiswa mampu menjadi contoh teladan yang baik di manapun kalian berada.” Ucap Dr. Ir. Alhanannasir, M.Si.

 

Editor : Nawal

Redaktur : Nawal

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *